Blog RS Santa Elisabeth Medan

Stroke Hemoragik

Stroke Hemoragik

 STROKE  ISKEMIK

 PENGERTIAN

  • Stroke adalah suatu defisit neurologis yang akut, disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak (iskemik atau hemoragik), menetap ≥ 24 jam atau menyebabkan kematian, tetapi tanpa bukti yang cukup untuk diklasifikasikan.
  • Stroke iskemik adalah suatu defisit neurologis akut yang disebabkan oleh infark fokal dari serebral, spinal atau retinal.
  • Infark susunan saraf pusat adalah kematian sel-sel saraf otak, medula spinalis atau retina yang disebabkan oleh iskemia, berdasarkan pada:
  1. Patologik, imejing atau bukti objektif lainnya dari iskemik fokal serebral, medula spinalis atau retina pada distribusi vaskular yang terbatas
  2. Bukti klinis dari iskemik fokal serebral, medula spinalis atau retina berdasarkan gejala yang menetap ≥ 24 jam atau sampai kematian dan penyebab lain telah dieksklusikan (termasuk infark hemoragik)
  • Infark susunan saraf pusat terselubung (“silent”) adalah bukti imejing atau neuropatologik dari infark susunan saraf pusat, tanpa riwayat disfungsi neurologis akut sesuai dengan letak lesi.
  • Serangan iskemik sepintas (transient ischemic attack) adalah suatu episode disfungsi neurologis sepintas yang disebabkan oleh iskemik fokal dari otak, medula spinalis atau retina tanpa infark akut.

 stroke-hemoragik

ANAMNESIS

Pada anamnesis ditanyakan apakah defisit  neurologis yang terjadi secara tiba–tiba; lamanya (onset serangan); terjadi saat aktifitas atau istirahat; adanya riwayat kesadaran menurun/ terganggu, nyeri kepala, muntah proyektil atau kejang; adanya riwayat hipertensi (faktor risiko stroke lainnya seperti merokok, diabetes melitus, sakit jantung, dislipidemia); dan apakah merupakan serangan pertama atau ulangan.

 

EDUKASI

Memberikan penjelasan kepada pasien dan keluarga meliputi pengertian, faktor risiko, tanda dan gejala, cara merawat pasien stroke di rumah, nutrisi, serta apa yang harus dilakukan pasien dan keluarga untuk mencegah terulangnya stroke.

 

PROGNOSIS

Ad Vitam             : tergantung berat stroke dan komplikasi yang timbul.

Ad Functionam    : penelitian dengan parameter Activity Daily Living (Barthel Index) dan

NIH Stroke Scale (NIHSS)

Risiko kecacatan dan ketergantungan fisik/ kognitif setelah 1 tahun: 20 – 30 %

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *