Blog RS Santa Elisabeth Medan

Sefalgia/Headach (Nyeri Kepala)

Sefalgia/Headach (Nyeri Kepala)

SEFALGIA/ HEADACHE/ NYERI KEPALA

 

PENGERTIAN

Nyeri kepala ialah rasa nyeri atau rasa tidak mengenakkan pada seluruh daerah kepala dengan batas bawah dari dagu sampai ke daerah belakang kepala (area oksipital dan sebahagian daerah tengkuk.

 

ANAMNESIS

Penderita ditanyakan frekuensi serangan nyeri kepala, durasinya, karakteristik nyeri (lokasi, kualitas, intensitas, bertambah berat dengan aktifitas atau tidak), gejala penyerta (nausea, muntah, fotofobia, fonofobia) dan apakah ada kaitan dengan kelainan lain. Ada tidaknya gejala prodromal, aura dan faktor pencetus. Riwayat tanda-tanda peningkatan tekanan intrakranial dan tanda-tanda infeksi. Riwayat trauma, pemakaian obat, kelainan psikiatrik dan penyakit lainnya seperti pada mata, gigi, dan lain-lain.

 

PEMERIKSAAN FISIK

  • Nyeri kepala primer tidak ditemukan kelainan neurologis fokal
  • Nyeri kepala sekunder dan lainnya dapat dijumpai kelainan neurologis fokal, tanda-tanda peningkatan tekanan intrakranial dan tanda-tanda infeksi.

 

EDUKASI

Penjelasan kepada pasien dan keluarga tentang penyakit nyeri kepala primer dan sekunder, pengobatannya dan prognosisnya. Merubah gaya hidup menjadi hidup sehat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *