Blog RS Santa Elisabeth Medan

RS. Santa Elisabeth Ikut Serta Meningkatkan Layanan JKN-KIS dengan Sistem Finger Print

RS. Santa Elisabeth Ikut Serta Meningkatkan Layanan JKN-KIS dengan Sistem Finger Print

Untuk mempermudah layanan administrasi di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan mendukung program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) dengan ikut serta dalam pengadaan alat Sistem Finger Print yang nantinya akan mempermudah pasien dan rumah sakit di dalam melakukan registrasi dan keakuratan data peserta JKN-KIS.

Seperti yang dikutip dari Direktur Utama BPJS Fachmi Idris juga menegaskan bahwa “Layanan ini untuk mempermudah pelayanan administrasi rumah sakit bagi peserta JKN-KIS. (Kompas.Com)

Dengan adanya finger print, pasien JKN-KIS nantinya pada saat mendaftarkan diri di rumah sakit dapat menempelkan sidik jari di mesin tersebut yang secara otomatis data pasien akan tertera di dalam komputer. Kemudahan lainnya adalah pasien cukup membawa kartu JKN-KIS dan surat rujukan dari faskes yang asli tanpa perlu lagi memfotocopy untuk persyaratan administrasinya.

Demikian juga yang dialami Dr. Ruth sebagai verifikator JKN-KIS yang ditugaskan di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan menyatakan bahwa semakin banyaknya kunjungan pasien peserta JKN-KIS baik rawat jalan maupun rawat inap  maka Sistem Infinity (Finger Print) mempermudah dan mempercepat pelayanan peserta.

Sistem ini mengidentifikasi peserta secara akurat dan tepat karena peserta harus mendaftarkan sendiri untuk melakukan pendaftaran di rumah sakit. Dengan adanya sistem ini pendaftaran rawat jalan JKN-KIS di Rumah Sakit Santa Elisabeth telah membuka pendaftaran lebih lama yang tadinya hanya bisa hingga jam 13.00 WIB kini diperpanjang mulai dari 08.00 – 17.00 WIB untuk pasien JKN-KIS.

Adapun kendala yang masih dihadapi adalah lambatnya dan masih sering terganggung jaringan koneksi ke server JKN-KIS, tetapi BPJS Kesehatan mengharapkan komitmen rumah sakit untuk tetap melayani peserta JKN-KIS mempergunakan finger print.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *